Tuesday, December 15, 2020

fiverr

 Pada September kemarin, aku ikut kelas finance lewat Google Meet, dan tante nya memberi sebuah challenge pada akhir kelas, yaitu mendapat Rp.50.000,00 dalam seminggu. Tapi tidak boleh melakukan hal seperti cuci piring, jemur baju, dll karena itu biasanya orangtua yang memberi uang. Intinya kita harus kerja untuk dapat lima puluh ribu rupiah tersebut.

Jujur, aku gak dapet Rp50.000,00 dalam satu minggu tersebut. Aku gak kepikiran cara untuk menghasilkan uang. Kalau hal-hal seperti mencuci mobil tetangga atau membawa jalan anjing tetangga, aku gak mau melakukan karena aku malu dan menurutku bakal awkward juga, hehe. Tapi setelah seminggu itu aku masih mencoba menghasilkan uang.

Sekarang aku lagi suka membuat kreasi yang lebih ke digital daripada fisik, dan lagi paling suka membuat video. Maka aku mencoba ikutan Fiverr (website freelance, bisa jual beli jasa seperti voice acting, video editing, dll). Di situ ada orang yang melakukan hal paling gampang dan dibayar, lho. Jadi ya, why not right? Dan ini aku tidak serius banget ikutan, aku ikutan lebih sebagai hobby yang bisa dijadikan uang.

Aku membuat gig untuk edit video orang, lebih spesifik video gaming. Ya kalau tidak ada yang beli gak apa-apa lah, aku pikir, kan hanya mencoba.

Pada 13 Oktober ada orang yang message aku, dan dia agak aneh… Dia mau memberi uang dalam jumlah besar tetapi dia gak gitu jelas mau apa. Dan akhirnya menghilang tanpa membeli apa-apa. Gak apa-apa lah, wajar ketemu orang seperti ini.

Pada 3 November ada yang beli, aku terkejut ada yang beneran beli. Orang nya juga video editor dan dia mau aku edit video nya lagi agar lebih bagus 😅. Yaudah lakukan lah. Walaupun dia memintanya agak gak jelas dan merepotkan, aku kerjakan aja. Lalu saat selesai dapat $4, sedikit lebih dari challenge mendapatkan Rp50.000,00. Aku tidak bisa mendapatkan Rp50.000,00 dalam satu minggu kemarin, tetapi menurutku itu gak apa-apa, things take time.

Pada 6 Desember kemarin (ini ceritanya baru, hari ini 15-12-20) ada 2 orang membeli dari aku dalam hari yang sama. Aku senang dapat 2 orang dalam 1 hari, jadi aku kerjakan selama beberapa hari. Aku menyelesaikan video orang pertama pada 10 Desember, dan orang kedua pada 12 Desember. Orang pertama sampai memberi tip, dan orang kedua membayar lebih karena ia ada video clip yang panjang-panjang. Aku senang banget.

So far, aku ada 3 review 5 star dan sekitar Rp500.000,00. Jika aku gak suka edit video, kayaknya aku gak bakal mendapatkan ini. Dan jika aku dipaksa edit video, aku bakal merasa senang bukan karena aku bisa edit video orang-orang ini, tetapi karena sudah selesai. Maksudku adalah jika kita ada sesuatu yang kita suka melakukan, kita merasa senang dan tidak tertekan untuk melakukannya. Pada order pertama aku pun tidak merasa begitu tertekan walaupun orangnya meminta banyak. Papa ku bilang, jika hal yang kita suka bisa dijadikan uang, itu sudah bagus banget. Jadi ya, aku senang bisa melakukan ini :D


No comments: