Tuesday, December 15, 2020

Merakit PC

 ok jadi keluarga kita ada komputer tapi agak… lambat… Jadi perlu komputer baru. Pilihan nya beli lagi atau bisa buat sendiri (rakit). Dua-dua nya ada plus dan minus, kalau beli sudah jadi kita gak perlu set up apa-apa tapi kita juga gak tau 100% isi komputer nya, kalau rakit kita bisa pilih komponen-komponen spesifik, tapi ya harus rakit, haha.

Maret-Juni kemarin aku belajar-belajar tentang rakit PC dari internet (sekalian belajar tentang PC juga, bukan hanya gimana rakitnya) dan aku bisa belajar lumayan banyak. Walaupun aku gak 100% mengerti tentang komputer dan elektronik, udah ok lah. Itupun gak bayar kelas apa-apa, hanya dari browsing internet, nonton YouTube, baca-baca artikel, dll. Aku jadi mengerti komponen-komponen PC dan apa fungsi mereka.

Tetapi ini bukan sesuatu yang bisa dilakukan tanpa uang, bukan seperti menggambar (menggambar tidak perlu bahan mahal banget, kertas dan pensil sudah cukup) tetapi lebih seperti melukis (perlu membeli cat, kuas-kuas, kanvas). Aku masih umur 13-14 dan belum kerja jadi gak ada income. Jadi kalau perlu uang harus minta dari orangtua (dan aku biasanya diminta membersihkan rumah sebagai gantian, haha). Tapi tiba-tiba Akung aku (papa nya mama) bilang dia mau membayar biaya rakit PC ini. Ini plus buat kita semua, aku grateful banget sama Akung.

Akung aku kasih budget untuk membeli komponen-komponen, bisa dibilang banyak juga untuk rakit PC. Papa ku dan aku yang pilih-pilih komponen (dan ini prosesnya agak lama, karena papa ku gak pernah rakit PC sendiri). Kita pakai website yang bisa membantu cek kompabilitas komponen ini dengan komponen itu. Walaupun tidak 100% akurat, sudah membantu banget. Setelah sudah tahu komponen apa yang diinginkan, waktunya belanja. Tapi yang pasti kalau belanja online, item yang dicari belum tentu dijual. Jadi ada beberapa barang yang berbeda dengan yang awalnya kita mau, tetapi masih bisa berfungsi jadi no harm done. Bagian belanja kebanyakan dilakukan oleh papa ku karena dia sudah biasa dalam hal begini (aku masih anak kecil juga, hehe).

Saat bahan sudah datang semua, aku mulai rakit. Mayoritas nya aku yang mengerjakan, adikku yang pertama dan kedua membantu juga. Papa membantu kalau ada sesuatu yang susah dan perlu kerja fisik extra. Kita selesai rakit sekitar tengah malam pada tanggal 25 Juni, dan belum tidur saat sudah tanggal 26 (kebetulan itu hari ulang tahun aku, jadi PC ini bisa dibilang hadiah ulang tahun aku, haha). Tetapi ya, karena ini first time, ada sedikit error. Tidak ada masalah fatal kok, semuanya aman. :D

Hingga sekarang aku menulis ini (15-12-20), PC nya berfungsi dengan baik. Ini pun aku lagi menulis pakai PC nya. Kalau dalam beberapa tahun aku harus upgrade/mengganti PC ini, aku bilang aku lebih bisa dan lebih siap dari waktu pertama kali rakit PC. Karena untuk belajar, teori tidak cukup, harus ada praktek. Itu dibuktikan saat pertama kali coba menyalakan PC, layar nya tidak mau tersambung. Ternyata VGA card kurang masuk di motherboard. Perlu praktek agar kita benar-benar mengerti.

Foto saat CPU nya terpasang

Foto saat sudah selesai 👍🏻


No comments: